Thursday, January 22, 2009

APAKAH REPUTASI ANDA MENCERMINKAN KARAKTER ANDA?

Kui untuk melebur perak dan perapian untuk melebur emas, dan orang dinilai menurut pujian yang diberikan kepadanya. Amsal 27:21

Logam-logam berharga diuji dengan panas yang tinggi untuk membakar ketidakmurniannya. Begitu segalanya yang lain telah melebur, yang tersisa adalah yang benar-benar berharga. Karakter Anda adalah, atau seharusnya menjadi, harta yang sangat berharga bagi Anda. Karena alasan ini, Allah akan memurnikan karakter Anda untuk menyingkirkan ketidakmurniannya. Sasaran-Nya: kareakter yang benar atau serupa dengan Kristus.

Berhati-hatilah agar Anda tidak menarik kesimpulan tentang karakter Anda dari apa yang dikatakan orang lain tentang Anda. Mereka hanya melihat bagian diri Anda yang Anda perlihatkan kepada mereka; itu adalah kepribadian Anda, atau reputasi Anda. Yang dilihat orang lain secara lahiriah dan apa yang benar-benar ada secara batiniah bisa menjadi sangat berbeda kadang-kadang. Umapamanya, Anda dapat memperoleh reputasi sebagai orang yang dermawan dengan memastikan orang lain sering melihat Anda beramal. Namun, sebenarnya, Anda bisa saja hanya beramal jika ada orang yang mengamati Anda. Padahal, mungkin saja karakter Anda mementingkan diri sendiri, namun Anda mengambil jika sedang sendirian dan memberi jika sedang di depan umum.

Kita semua ingin memperlihatkan gambaran yang sebaik mungkin kepada dunia, dan kita perlu mengingat bahwa kita mewakili Kristus lewat perilaku kita. Namun pandangan Allah tentang kita adalah jauh lebih penting dari pada pandangan orang lain. Pastikanlah Anda mendapatkan umapan balik tentang karakter Anda dari Allah, bukan dari pujian-pujian orang lain. Sementara teman-teman Anda mungkin saja memuji Anda karena penguasaan diri Anda, Allah mengetahui apakah Anda benar-benar suka marah di rumah, ketika hordennya tertutup. Janganlah pernah terhanyut hingga puas diri karena pandangan-pandangan yang positif dari orang lain. Mereka hanya melihat apa yang Anda perlihatkan kepada mereka. Allah melihat hati Anda. Ingatlah, Allah lebih berkepentingan terhadap karakter Anda dan membakar segala ketidakmurniannya hingga Anda benar-benar serupa dengan Kristus. Anda mungkin berpikir bahwa Anda sangat mengetahui seperti apa karakter Anda, namun jika Anda mendengarkan baik-baik apa yang dikatakan Allah tentang Anda, mungkin Anda akan terkejut!

--
Regards,

Laut Sinaga

No comments:

Post a Comment