Sunday, January 18, 2009

KOMITMEN ACARA FOLLOW THE BIBLE DI SLA/PTASN


Sabat, 10 Januari 2009, setelah selesai kegiatan pathfinder dan kelas-kelas kemajuan PA, jemaat SLA/PTASN, tepat pukul 17.00 bertempat di Gedung Serbaguna SLA/PTASN diadakan acara khusus yakni Komitmen untuk mulai membaca Alkitab setiap hari dan membagikannya kepada orang lain sesuai dengan program Follow the Bible yang telah dicanangkan oleh pimpinan gereja Masehi Advent hari Ketujuh Se Dunia dalam hal ini GC of SDA dan Divisi-divisi di seluruh dunia.

Sesuaui dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh pimpinan organisasi Advent se dunia, tanggal 10 Januari 2008 adalah merupakan hari terakhir perjalanan Alkitab yang terdiri dari 66 bahasa yang di dalamnya ada bahasa Indonbesia (buku Matius) untuk Divisi Asia Pasific, yang telah di mulai sejak October, 2008 lalu di Manila, Phillipines, saat diadakannya Rapat Tahunan GC.


Di Jemaat dan lembaga pendidikan SLA/PTASN, komitmen untuk membaca Alkitab dalam bacaan Alkitab tahunan diadakan oleh seluruh penghuni kampus, keluarga staf, guru dan dosen, para mahasiswa/i serta pelajar SMP dan SMA Advemt Martoba, Pematangsiantar. Acara ini dimulai dengan prosesi para partisipan ke dalam mimbar dan diikuti prosesi masuknya para pembaca Alkitab yang mewakli, keluarga staf, guru dan dosen, pelajar siswa dan mahasiswa serta perwakilan dari jemaat.


Setelah prosesi, jemaat menyanyikan LS N0 146 “Brilah Padaku Alkitab yang Suci,” yang kemudian dilanjutkan dengan doa pembuka oleh Bapak J. Malau sebagai Ketua PTASN. Setelah itu, bacaan Alkitab khusus dilakukan oleh para wakil pelajar SMP/SMA (putra/i), mahasiswa/i, guru dan ketua jemaat SLA/PTASN.

Pdt. R. W. Sagala, Puket III Bidang Kemahasiswaan PTASN yang juga merupakan salah seorang Ketua Jemaat SLA/PTASN sebelum memberikan wejangan dan motivasi, terlebih dahulu memutar Video Follow the Bible yang langsung di download dari http://www.followthebiblesda.com


Sagala juga menyebutkan ada 2 ciri utama Advent dahulu, yang kini hampir tidak ditemukan dalam diri orang Advent (angkatan muda) saat ini, kedua cirri itu adalah: (1) Ayat-ayat Alkitab terdapat di kepala, dan (2) Suara Nubuatan terdapat di saku mereka Tetapi sat ini sangat disayangkan bahwa kebiasaan untuk membaca Alkitab itu sudah mulai menurun, hal ini dibuktikan oleh hasil riset Barna pada bulan Juni 2001 lalu di Amerika Serikat:




Religious Practices, by Denomination,

BARNA Research, June 2001




Read Bible








all adults


38%








Adventist


49








Assembly of God


66








Baptist (any type)


55








Catholics


23








Church of Christ


53








Episcopal


30








Lutheran (any type)


32








Methodist (any)


43








Mormon/Latter Day Saints


67








Christian non-denominational


66








Pentecostal/Foursquare


75









Dalam wejangannya, Pdt R. W. Sagala, menyebutkan 3 tujuan pokok dari program Follow the Bible ini antara lain:

1.Untuk menciptakan masyarakat Advent yang sadar bahwa mereka adalah merupakan umat yang percaya dan mengikuti Alkitab sebagai firman ALLAH.

2.Untuk mendorong umat-umat Advent di seluruh dunia untuk kembali kepada ALKITAB, untuk menerima otoritasnya, dan menetapkan untuk mengikuti ALKITAB di dalam hidup mereka sehar--hari.

3.Untuk mengikutsertakan setiap anggota Advent di seluruh dunia dalam mempelajari Alkitab secara pribadi, dan membagikan pekabaran dari Alkitab itu kepada orang lain di masyarakat dimana mereka hidup.


Sebelum mengakhiri amanat dan motivasinya, Pdt. R. W. Sagala mengutip beberapa faedah dan manfaat dalam belajar Alkitab dari buku Gospel Workers hal 249-253 antara lain: Menguatkan pikiran, Mengukuhkan kecerdasan, Mengangkat pikiran, Mengukuhkan kemampuan , Meninggikan derajat, Memiliki pikiran yang luas, Membuat kita memiliki tabiat yang mulia (mengagungkan tabiat), Memiliki ketetapan/maksud yang jelas, Memberi kesegaran kepada anggota tubuh, Membuat kita memiliki tujuan yang stabil, Menghindarkan diri dari dosa, Memperlengkapi kita untuk semua pervuatab yang baik, Sumber kuasa, Memperbaiki diri, Membuat sempurna, Menguatkan kita untuk memenangkan jiwa-jiwa, Membawa kita kepada kebenaran


Pada akhir acara komitmen Follow the Bible diadakan pula Doa Pnyerahan oleh Pdt. D. E. Sinaga. Acara diakhiri dengan nyanyian dan doa bersama yang di pimpin oleh Bapak Drs. N. Limbong. Semoga komitmen ini membangkitkan semangat para penghuni kampus untuk lebih setia dalam membaca, mempelajari dan membagikan apa yang telah merela temukan dari Alkitab.

No comments:

Post a Comment