Saturday, January 31, 2009

PENGAKUAN

Siapa menyembunyikan pelanggarannya tidak akan beruntung, tetapi siapa mengakuinya dan meninggalkannya akan disayangi. Amsal 28:13

Dosa yang tidak diakui adalah bentuk penghukuman diri yang paling sia-sia. Ketika kita menolak untuk mengakui bahwa kita tidak taat kepada Allah, sama saja dengan kita sukarela menanggung beban rasa malu dan menipu diri sendiri yang luar biasa. Sedihnya, itu tidak perlu. Allah sudah tahu bahwa kita telah berdosa. Ia tidak perlu kita mengakuinya demi keuntungan-Nya. Ia perlu kita mengkuinya demi kebaikan kita sendiri.

Dosa yang tidak diakui akan menggerogoti Anda seperti penyakit Anda yang akan dijangkiti oleh kekuatiran: Apakah orang lain tau apa yang telah kuperbuat? Kapankah kebenarannya akan terungkap? Anda akan dibebani oleh rasa bersalah dan malu: Kok aku bisa sedemikian bodoh sih? Mungkinkah orang yang kusakiti itu mengampuniku? Mungkinkah Allah mengampuniku? Anda terseret untuk menipu diri sendiri: Kalau aku berbohong lagi, rahasiaku akan tetap tersembunyi.

Ketika Anda telah berbuat dosa, tempat terakhir yang ingin Anda datangi adalah tempat pertama yang seharusnya Anda datangi, dan itu adalah langsung kepada Allah. Pergilah kepda-Nya dan biarlah Ia menunjukkan dosa Anda apa adanya. Biarlah Dia menolong Anda melihat kerusakan yang telah diakibatkan oleh dosa Anda, agar Anda tidak akan tergoda untuk mengulanginya lagi. Biarlah Dia memberi Anda kekuatan untuk mencari pengampunan dari siapapun yan telah Anda rugikan. Biarlah Ia mengasihi Anda, dan mengampuni Anda, dan membersihkan Anda, dan memberi Anda awal yang baru. Selama Anda terus memegang dosa Anda dan berusaha menyembunyikannya, Anda akan dikuasai olehnya. Namun ketika Anda mengakui dosa Anda kepada Allah dan mencari perdamaian kembali, Anda akan menemukan belas kasih dan kebebasan.

Regards

Laut Sinaga

No comments:

Post a Comment