Thursday, January 29, 2009

PERSAHABATAN SEJATI


Seorang kawan memukul dengan maksud baik, tetapi seorang lawan mencium secara berlimpah-limpah. Amsal 27:6

Seorang teman yagn dapat Anda percayai adalah harta tak ternilai. Jika Anda memiliki teman yang dapat dipercaya, anggaplah diri Anda kaya, dan jangan pernah menyepelekan persahabatan itu.

Seperti apakah sahabat sejati itu? Seorang sahabat sejati tidak pernah takut bersikap jujur terhadap Anda. Ia akan baik hati, namun ia tidak akan menjilat demi persahabatan Anda. Pada gilirannya, seorang sahabat sejati akan mendengarkan kebenaran, yang diucapkan dengan kasih, dan menerima kritik membangun, sekalipun sakit rasanya. Seorang sahabat sejati dapat diandalkan. ia tidak akan menikam Anda dari belakang atau menyebar gosip tentang Anda. Tanda seorang sahabat sejati adalah bahwa ia mendahulukan kepentingan Anda diatas kepentingannya sendiri. Ia tidak berbuat menurut motif-motif yang mementingkan diri sendiri melainkan karena keprihatinannya yang tulus demi kesejahteraan Anda. Tidakkah mengagumkan jika kita memiliki sahabat seperti itu? Tidakkah mengagumkan jika kia menjadi sahabat seperti itu?

Ada orang lain yang hanya tampaknya saja menjadi sahabat Anda. Mereka melewatkan waktu bersama Anda demi apa yang mereka terima ketimbang apa yang mereka beri. Mereka akan mengatakan apa yang mereka pikir ingin Anda dengarkan ketimbang apa yang benar-benar Anda perlu dengarkan. Mereka memiliki motif-motif tersembunyi dalam bersahabat dengan Anda, berbagai motif yang tak dapat Anda percayai. Ini adalah teman-teman yang harus Anda jauhi!

Di dalam seluruh persahabatn Anda, berusahalah untuk memperlakukan orang lain seperti Anda ingin diperlakukan. Jadilah sahabat yang baik sebisa Anda, dan biarlah balasan atas kebaikan hati Anda menjadi urusan Allah.

Regards

Laut Sinaga

No comments:

Post a Comment