Tuesday, March 17, 2009

CIPTAAN BARU

Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang. 1 Korintus 5:17

Salah satu hal menggembirakan tentang kehidupan Kristiani adalah bahwa semua orang percaya diberikan awal yang baru. Seberapa banyakpun dosa yang menghantui masa lalu kita, atau seberapa dalampun luka lama kita, seberapa seringpun kita gagal, seberapa ternoda pun reputasi kita, Kristus menjadikan setiap orang dari kita seseorang yang sama sekali baru. Alkitab menggunakan istilah dilahirkan kembali karena, bagi uamat Kristiani, hidup ini bermula dari awal lagi!

Ketika Anda menjadi umat Kristiani, Allah tidak hanya menambahkan kerohanian kedalam hidup Anda untuk dicampur dengan segala dosa Anda. Atau menetapkan seperangkat aturan untuk menolong Anda menghapus kebiasaan-kebiasaan penuh dosa Anda. Ia menciptakan sesuatu yang sama sekali baru! Ia memberi Anda hati yang baru, hati yang ingin mengasihi dan melayani Allah. Sebelum menyerahkan hidup Anda kepada Kristus, Anda tidak dapat menjalani kehidupan Kristiani, sekalipun Anda menginginkannya. Sekarang batin Anda diperbaharui, Anda lebih diberdayakan untuk mengatakan 'tidak' kepada pencobaan dan 'ya' kepada Allah. Pernahkah Anda mengenal seseorang yang bertemu dengan Kristus dan berubah secara drastis sehingga Anda hampir tidak mengenalnya? Apakah Anda takjub terhadap perubahannya ketika itu? Rasul Paulus adalah seperti itu. Namun bukan hanya Paulus saja. Kebenarannya adalah bahwa setiap orang yang bergabung dengan Kristus akan mengalami perubahan radikal yang sama, menjadi ciptaan yang sama sekali baru!

Banyak umat Kristiani yang menganggap remeh apa yang terjadi ketika mereka menjadi anak-anak Alah. Mereka asumsikan bahwa mereka masih sama berdosanya, lemah, serta tidak setia seperti dulu, hanya saja sekarang mereka harus berusaha menjalani kehidupan Kristiani semampunya. Itu tidak benar! Hidup dengan konsepsi yang keliru hanya akan membawa kepada furstrasi.

Disaat iman Anda diubah, Anda menjadi orang yang sama sekali baru, yang menjalani kehidupan yang sama sekali baru. Kegagalan-kegagalan dimasa lalu tidak dapat menahan Anda. Dosa-dosa dimasa lalu tidak berkuasa diatas Anda hari ini. Bertekadlah hari ini untuk tidak percaya kebohongan bahwa Kristus belum mengubah Anda; Ingatlah bahwa dalam Kristus Anda adalah "ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang!". Rangkullah kabar baik Kitab suci itu dengan gembira dan hiduplah seperti ciptaan baru!

Regards

Laut Sinaga

No comments:

Post a Comment