Tuesday, March 24, 2009

KKR "MENCARI KEBENARAN" HASILKAN 20 JIWA BARU UNTUK KRISTUS

Seperti biasanya, di kampus SLA/PTASN setiap Semester diadakan acara Week of Prayer. Acara week of prayer kalli ini diadakan pada tanggal 15 /d 21 Maret 2009 dengan pembicara Pdt. Heman Sibuea, MPTh, gembala jemaat Bintaro, DKI Conference.

Pdt. Hemat Sibuea tidaklah asing bagi kampus SLA/PTASN, Pematangsiantar, khususnya bagi keluarga staf., guru dan dosen, oleh karena Sibuea sudah pernah bekerja sebagai tenaga dosen di PTASN untuk dua periode lamanya. Bahkan sebagai pembicara week of prayer di SLA/PTASN, ini adalah merupakan kali 3 bagi Sibuea. Thema week of prayer kali ini adalah "Mencari Kebenaran' dengan lagu thema "Cari dahulu kerajaan Allah."

Sejak hari Minggu sore sampai Sabtu siang 21 Maret 2009 kampus SLA/PTASN memang betul-petul menikmati pesta rohani dengan suguhan firman Tuhan yang cukup tegas, lugas dan berwibawa yang disampaikan oleh Sibuea. Setiap harinya acara dimulai pukul 06.45 (pagi) dan 18.45 (sore).

Pdt. H. Sibuea, MPTh saat menyampaikan firman

Pada pertemuan pertama, Minggu 15 Maret 2008, Sibuea yang berkhotbah tanpa menggunakan powerpoint dan LCD prjector berhasil memukau para pendengar yakni seluruh penghuni kampus SLA/PTASN melalui penyampaian khotbah-khotbahnya. Pada pertemuan pertama, Sibuea mengupas tuntas mengenai Alkitab sebagai kebenaran dengan mengangkat dari Yohanes 17:17 bahwa ... firman-Mu adalah kebenara...
Pada pertemuan pertama ini Sibuea mengupas persamaan antara Alkitab, Yesus dan Manna. Saat yang sama dalam salah satu bagian khotbahnya Sibuea menekankan bahwa Alkitab adalah merupakan Otoritatif dan menjadi pedoman hidup, iman dan praktek bagi setiap orang Kristen,

Para siswa SMA sedang memyampaikan lagu pujian

Pada keesokan harinya Sibuea mengupas tuntas mengenai Yesus, kemdudian pada kesempatan yang lain dia juga membahas mengenai Ayat-ayat yang susah dimengerti dari Alkitab yang dibawakan dalam dua kali petemuan yang intinya mengenai makakan (daging binatang halal dan haram), hari Sabat, dll.

Anak-anak sedang menyampaikan instrument dibawah asuhan ibu JA Manafe

Sibuea dalam pekan doa ini juga menyinggung tentang ajaran yang salah mengenai api neraka dan kematian kekal serta ajaran sesat dari gereja protestan lainnya sampai kepada Surga seluruhnya dibahas dengan cakap sembari mengajak para pendengar untuk melihat Alkitab dalam bahasa aslinya yakni bahasa Ibrani (PL) dan Grika (PB). Sibuea yang saat bekerja sebagai dosen di PTASN kelihatan masih cukup tangkas menggunakan bahasa-bahasa asli Alkitab ini untuk menerangkan isi Alkitab yang sebenarnya sebab memang selama menjadi dosen di PTASN Sibuea pernah mengajar mata kuliah Ibrani dan Grika yang merupakan bahasa asli Alkitab.

Selama pekan doa berjalan baik pada pertemuan pagi maupun pertemuan malam, para penyanyi pilihan baik dari para siswa/mahasiswa bahkan keluarga guru, staf dan dosen telah menyampaikanlagu pujian yang semakin menambah khitmadnya acara kebaktian week of prayer ini.

A. Doa Kelompok

Pada setiap pagi sehabis acara kebaktian seperti biasanya diadakan doa kelompok. Para siswa dan mahasiswa serta staf, guru dan dosen terlihat dengan penuh kekhusukan berdoa untuk keberhasilan week of prayer ini agar melahirkan jiwa-jiwa untuk Kristus dan saat yang sama juga mendoakan agar cuaca bersahabat sehingga acara week of prayer dapat berjalan dengan baik tabpa adanya gangguan.

Setiap malambya keluarga staf, guru dan dosen, sehabis acara kebaktian juga berkumpul untuk mendfiskusikan hal-hal yang perlu diperbaiki untuk kelancaran dan kesuksesan acara week of prayer ini,

B. Sesi Konseling

Sejak hari Rabu hingga Jemaat (18-20 maret 2009) mulai dari pukul 10.00 - 12.00 telah pula dibuka sesi konseling bertempat di Conference Room SLA/PTASN. Tampak para siswa dan mahasiswa silih berganti datang kepada Pdt. Hemat Sibuea untuk mengadakan konseling baik dari siswa/mahasiswa yang sudah dibaptis ,aupun yang belum dibaptis, baik mengenai masalah pelajaran yang dihadapi maupun masalah pergaulan muda-mudi semuanya dijawab Sibuea dengan meyakinkan.

Sibuea menggunakan sesi konseling ini dengan cukup baik, saat itu dia gunakan untuk mengadakan panggilan dan ajakan kepada siswa/mahasiswa yang belum dibaptis untuk menerima Kristus sebagai juruselamat pribadi mereka. pengakaman Sibuea yang berasal dari keluarga yang beragama GKPI menggugah banyak hati siswa/.mahasiswa untuk berani mengambil tekad menerima baptisan untuk menjadi murid Kristus. Dalam khotbah-khotbahnya Sibue juga sering menceritakan bagaimana keadaannya sebelum menjadi Advent, dia juga mengajak pendengar untuk kembali menoleh ke tahun 1983 lalu saat mana dia berkuliah di PTASN dan mengambil jurusan Theologia padahal belum dibaptis dan kemudian setelah 2 bulan kuliah baru dibaptiskan. Cerita ini semakin menguatkan orang-orang muda untuk lebih berani mengambil keputusan.

C. ALTAR CALL YANG MENDEBARKAN

Pada hari Rabu malam, 18 Maret 2009 Sibuea pada akhir khotbahnya mengadakan panggilan (altar call). Penulis merasa bahwa ini adalah merupakan altar call yang sangat mendebarkan, mengapa tidak? Anda bisa bayangkan Pdt Sibuea sudah lama berbicara, lagu panggilan sudah dikumandangkan berkali-0kali namun tak satupunjiwa yang datang ke depan, sampai akhirnya Roh Tuhan bekerja danseorang siswa akhirnya berani tampil di depan untuk menyatakan dirinya bahwa dia akan menerima Kristus sebagai juruselamat pribadinya melalui baptisan yang kudus.

Saat para staf, guru dan dosen mengadakan doa keompok setelah kebaktian malam itu berakhir, Sibuea sempat agak meresa kecut dan berkata, "Hanya satu orang,"? Tetapi penulis memberikan support dan dorongan kepadanya dan berkata, TIDAK! It will be twenty person! Dan akhirnya apa yang penulis katakatan benar, pada akhir wek of prayer ada 20 jiwa yang dibaptiskan.

D. ACARA PERJAMUAN KUDUS

Seperti biasa, pada akhir acara week of prayer, tepatnya pada acara Vesper diadakan pula acara Pembasuhan Kaki dan Perjamuan kudus yang dipmpin langsung oleh Pdt. Royman Siagian, gembala jemaat SLA/PTASN.

Perjamuan kudus ini adalah merupakan suatu hal yang baru dan istimewa khususnya kepada kedua puluh kandidat baptisan.

E. ACARA BAPTISAN

Pada Sabat 21 Maret 2009, setelah acara kebaktian khotbah 3 orang hamba Tuhan yakni Pdt. H. Sibuea (pembicara), Pdt. D. E. Sinaga (Dosen Theologia), Pdt R. Siagian (Gembala Jemaat) membaptiskan ke 20 jiwa yang menyerahkan diri untuk Krisus melalui acara baptisan yang kudus.

Menurut catatan yang kami terima dari Bapak Drs. N. Limbong, sekretaris jemaat SLA/PTASN, ini adalah merupakan baptisan yang paling tinggi persentase non sda yang dibaptiskan, dari 20 jiwa yang dibaptiskan 5 SDA dan ada 15 non SDA. Berikut ini adalah merupakan nama-nama yang dibaptiskan dan rekapitulasi baptisan yang kami dapatkan dari sekretaris jemaat.

DAFTAR NAMA-NAMA BAPTISAN

PEKAN DOA “MENCARI KEBENARAN”

Oleh Pdt. H. Sibuea, MPTh

No

Nama

Kelas

Agama Asal

1.

Alfonsius H. Destada

X SMA

Katholik

2.

Dafit Sitanggang

IX2 SMP

HKBP

3.

Debby A Situngkir

VII SMP

Advent

4.

Dewinta J. Purba

Akper I

Pentakosta

5.

Fransitio P. Simanjuntak

X SMA

HKBP

6.

Galumbang Aritonang

SMA

GKPI

7.

Grace E. Silaban

VII SMP

Advent

8.

Ina K Sitepu

X2 SMA

GBKP

9.

Jhon Roy Sinaga

XI SMA

Pentakista

10.

Lambok Pardede

Akper I

HKBP

11.

Margaretta Sinaga

Ekonomi I

HKBP

12.

Maria C. Sebayang

X3 SMA

GBKP

13.

Masna Uli Hasibuan

X3 SMA

HKBP

14,

Mei Yanti Sinaga

VII SMP

Advent

15.

Pahara Siagian

III SMA

Katholik

16.

Sondang M. Siahaan

Akper I

GKPI

17.

Sonita Simanjuntak

XI SMA

HKI

18.

Viktor A. L. Toruan

VII SMP

Advent

19.

Shanny W. Limbong

III2 SMP

Advent

20.

Jamansen Purba

Ekonomi II

Protestan


Berikut adalah rekapitulasi Baptisan sesuai dengan tabel diatas. Jumlah baptisan yang berasal dari agama Advent (5 orang), Protestan (13 orang), dan Katholik (2 orang).


Baptisan yang berasal dari SMP 6 orang, SMA 9 orang dan mahasiswa 5 orang.


Semo seluruh jiwa yang baru dibaptiskan dapat bertahan sampai Yesus datang.


Doa berantai jumat pagi, ke 20 calon baptisan diapit oleh

staf, guru dan dosen


Prayer Circle dilakukan setiap pagi


Saat mengikuti Acara Pembasuhan Kaki


Amsal Sembiring, ketua Hima saat mengucapkan sepatah dua kata/ucapan terimakasih kepdfa Pdft. H. Sibuea pada acara prayer Circle Sabtu pagi 21 Maret 2009 di lapangan basket


Prayer circle di lapangan basket


20 calon baptisan sebelum diambil janji baptisan


Koor Stados dibawah asuhan ibu JA Manafe dan pianis Ibu DJ Sagala


Saat ke 20 anak-anak Tuhan menerima Yesus Kristus melalui Baptian oleh Pdt R. Siagian, Pdt. H. Sibuea dan Pdt. D. E. Sinaga


No comments:

Post a Comment