Tuesday, March 24, 2009

KUNJUNGAN ELDER PAUL EMERSON DAN ELDER HANCOK KE KAMPUS SLA/PTASN, PEMATANGSIANTAR

Pdt. R. L. Hancock

Elder Paul Emnerson dan istri yang telah melanglangbuana melayani pekerjaan Tuhan di Gereja MAHK tepatnya di kedua Uni Indonesia Kawasan Barat dan Uni Indonesia kawasan Timur pada era tahun 1960-1970an hampir setiap tahun mengunjungi kampus SLA/PTASN setelah mereka mengunjungi Nias (khususnya jemaat Hilinaa) yang menjadi jantung hatinya.

Kunjungannya ke kampus SLA/PTASN kali ini berbeda dengan kunjungan rutinnya seperti biasa, sebab kali ini Elder Paul Emerson yang sangat fasih berbahasa Indonesia bahkan menggunakan dialek Batak Toba, disertai dengan anggota group lainnya yakni Elder Hancok dan istri beserta dengan Ibu Mary Clause. Sama seperti Elder Emerson, elder Hancok juga merupakan seorang hamba Tuhan yang tidak asing lagi di Indonesia sebabnya dalam bidang pendidikan Theologia, sebab beliau telah bekerja di UNAI sebagai dosen puluhan tahun lamanya sejak tahun 60an hingga kembali ke kampung halamannya di Amerika tahun 1983.

Tepatnya, Jumat 13 Maret 2009 rombongan Elder Emerson yang terdiri dari Pdt. Paul Emerson dan istri, Pdt R. L. Hancock dan isteri, Mrs Mary Clause yang keseluruhannya berasal dari Amerika Serikat dan Ibu Ida Tobing Strictland, dari Medan, seorang anggota jemaat yang bekerja sebagai Volunteer di RSA Medan dan ADRA, seorang ibu yang selalu siap memberikan tumpangan dan batuan.

Kedatangan rombongan elder Emerson ke kampus SLA/PTASN membawa suasana baru, khususnya dalam bidang kerohalian, mengapa tidak! sebab sejak Acara Vesper hingga Khotbah Sabat rombongan melayani seluruh penghuni kampus dalam hal kerohanian.

A. ACARA VESPER

Acara Vesper dilayani oleh Pdt. Paul Emerson yang disampaikan dalam dua bahasa (English dan Indonesia). Setelah membaca sebuah ayat dari kitab Mazmur yang mengingatkan bahwa masing-masing kita sebagai umat Allah harus menginjil dan membagikan firman Tuhan kepada setiap orang, Pdt Emerson memberikan informasi bagaimana dia beserta dengan rombongan membantu pekerjaan Tuhan di Indonesia, khususnya di wilayah Toraja dan Nias (Hilinaa)

Melalui gambar-gambar yang dipancarkan melalui LCD penghuni kampus dapat merasakan bagaimana seriusnya hamba-hamba Tuhan ini membangun sekolah dan gereja. Meskipun usia mereka diatas 75 tahun, tetapi semangat mereka tetap tinggi dalam membantu pekerjaan Tuhan.

Dalam salah satu bagian pembicaraannya Elder Emerson bercerita bagaimana Tuhan memberikan keajaiban dengan mempertemukan seorang non SDA yang berasal dari Rusia mengalami kerusakan mobil yang kemdian di sapa dan dibantu oleh seorang gadis Advent, kemudian diteruskan kepada diadakannya pelajaran Alkitab kepada si pria Rusia, yang akhirnya dibaptiskan dan kemudian menjadi pasangan suami istri. Mereka itu juga pernah bergabung dengan elder Emerson dalam membantu pekerjaan Tuhan membangun di Toraja

B. KHOTBAH SABAT

Pada acara khotbah Sabat, giliran elder R. L. Hancok yang menyampaikan firman Tuhan yakni dengan topik mengenai pembersihan kaabah di Surga. Pdt. Hancok dalam menyampaikan firman Tuhan dialihbahasakan oleh mantan mahasiswanya yang saat ini sudah pensiun yang merupakan dosen dari penulis yakni Pdt. Herman Purba. Sebelum Pdt. Hancok menyampaikan firman Tuhan, Pdt. R. W. Sagala juga sempat memberikan kesaksisan mengenai kehidupannya dan kemudian menyampaikan nyanyian pujian yang berjudul "Thank You Lord" yang diiringi oleh ibu D. J. Sagala.

Pdt. R. L. Hancok sangat dikenal luas khususnya oleh para pekerja dan pendeta Gereja MAHK di Indonesia. Umumnya para pemimpin gereja saat ini bahkan para pendeta yang sudah pensiun adalah bekas anak didik dari Pdt. R. L. Hancok, sangat disayangkan penulis tidak sempat menjadi anak didiknya, sebab penulis datang berkuliah ke UNAI tahun 1984 yakni setahun setelah Pdt. R. L. Hancok berangkat dari UNAI tahun 1983.

Pdt. Hancock saat bekerja di UNAI (Indonesia) dikenal sebagai seorang yang suka membantu para mahasiswa yang memerlukan bantuan, baik, bekerja dan memiliki nilai yang tinggi, beliau tidak hanya membantu para mahasiswa Theologia, tetapi juga mahasiswa jurusan pendidikan, ekonomi dll. Selain itu saat berada di kampus UNAI dia juga di kenal sebagai sponsor beautification yang merubah wajah kampus UNAI menjadi apik dan asri, khususnya dengan air terjun "Hancock dan Hancock by Pass"

Dalam khotbahnya pada hari Sabat 14 Maret 2009 Pdt Hancock membawakan pekabaran mengenai kaabah di Surga dengan amat sederhana dan mudah di mengerti, yang selama ini pelajaran mengenai kaabah Surga itu dirasa amat sulit bagi kebanyakan anggota jemaat. Ayat yang menjadi thema khotbah beliau diangkat dari Ibrani 9:23 " Jadi segala sesuatu yang melambangkan apa yang ada di sorga haruslah ditahirkan secara demikian, tetapi benda-benda sorgawi sendiri oleh persembahan-persembahan yang lebih baik dari pada itu."

Menurut Hancock pekabaran mengenai kaabah di Surga akan lebih mudah dimengerti dengan mempelajari sistim upacara kaabah dunia. Sebagaimana di kaabah duniawi dilakukan pembersihan kaabah, kaabah surga juga memerlukan pembersihan. Pertanyaannya adalah mengapa kaabah di Surga perlu dibersihkan? Apakah kaabah di Surga itu kotor? Beliau menjawab kaabah surga dianggap "kotor" oleh sebab umat Allah tidak memiliki tabiat dan perbuatan yang sesuai dengan tabiat Allah sehingga setan dan para pengikutnya menuduh bagaimana umat Allah tidak memiliki hidup seperti Allah, nah untuk itulah Yesus datang kedunia, menjelma, mati dan bangkit serta naik ke Surga. Pelayanan Yesus ini adalah merupakan obat mujarab untuk pembersihan kaabah Surga. Akhirnya Hancok mengajak jemaat untuk selalu hidup sesuai dengan cara hidup umat Allah agar nama Tuhan tidak dipermalukan.

C. ACARA POTLUCK

Mr/Mrs R. L. Hanccock besama Pdt R. W. Sagala
saat menikmati makan siang

Untuk menyambut kehadiran para tamu dan rombongan Pdt Paul Emerson dan Pdt. Hancok, maka seluruh keluarga staf, guru dan dosen serta anggota jemaat SLA/PTASN mengadakan potluck di Administration Building. Makanan lezat yang disediakan yang bebas dari daging, ikan dan sejenisnya itu sangat menyenangkan para tamu yang hadir.

Rombongan tamu sangat menikmati kelezatan makanan yang disediakan. Hal seperti ini adalah merupakan hal yang biasa dilakukan oleh keluarga staf, guru dan dosen yang selalu mengingat bahwa sebagai orang Timur harus memberikan yang terbaik kepada tamu.

D. SEMINAR KHUSUS MAHASISWA THEOLOGIA OLEH PDT HANCOCK

Seusai makan siang, Pdt. Hancock yang semangat pelayanannya masih sangat tinggi mengambil kesempatan untuk dapat berbicara dari hati-kehati kepada para mahasiswa kependetaan STFT Surya Nusantara. Pertemuan ini diadakan di Conference Room SLA/PTASN yang dihadiri juga oleh beberapa dosen Theologia.

Pdt. Hancock Photo bersama para mahasiswa Theologia

Mengawali petemuan ini Pdt. Hancock menunjukkan foto-foto tempo doeloe saat dia masih berada di UNAI, foto-foto tempat kediamannya yang bagaikan taman eden penuh dengan pepohonan di Idaho. Kemudian Hancok bertanya kepada para mahasiswa mengenai alasan mereka untuk mengambil jurusan Theologia, khususnya kepada 2 mahasiswa kependetaan wanita, yakni Elsi Sagala dan Julaeni Sitohang.

Sebelum diadakan sesi tanya jawab, Elder Hancok memberikan The Basic Quality to be a leader/pastor yakni: "Kerendahan hati" (humble). Hancock membaca dari 1 Petrus 5:1-3 "Aku menasihatkan para penatua di antara kamu, aku sebagai teman penatua dan saksi penderitaan Kristus, yang juga akan mendapat bagian dalam kemuliaan yang akan dinyatakan kelak. Gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu, jangan dengan paksa, tetapi dengan sukarela sesuai dengan kehendak Allah, dan jangan karena mau mencari keuntungan, tetapi dengan pengabdian diri. Janganlah kamu berbuat seolah-olah kamu mau memerintah atas mereka yang dipercayakan kepadamu, tetapi hendaklah kamu menjadi teladan bagi kawanan domba itu. Maka kamu, apabila Gembala Agung datang, kamu akan menerima mahkota kemuliaan yang tidak dapat layu. Demikian jugalah kamu, hai orang-orang muda, tunduklah kepada orang-orang yang tua. Dan kamu semua, rendahkanlah dirimu seorang terhadap yang lain, sebab: "Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati." Karena itu rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya kamu ditinggikan-Nya pada waktunya."

Saat yang sama Hancock juga menggaris bawahi bahwa fungsi seorang gembala jemaat adalah untuk "memberi makan," sikapnya "harus tetap menjadi teladan," sebab upah mereka adalah "mahkota kemuliaan"

Pada kesempatan lain juga Hancock mengutip Amsal 16:18 bahwa, "Kecongkakan mendahului kehancuran, dan tinggi hati mendahului kejatuhan." Selain itu Hancock juga memberikan informasi bagaimana caranya kita dapat mengetahui bahwa kita telah dipanggil dalam pelayanan. Hancock mengatakan ada 2 cara untuk mengetahui hal itu antara lain:
a. Subjektif :
(1) adanya keyakinan di dalam diri bahwa kita dipanggil
(2) mengasihi semua orang (passion for soul)
b. Objective: memiliki karunia "pastor-teacher"

Setelah selesai memberikan renungan dalam pertemuan yang diadakan secara akrab itu, maka sesi tanya jawabpun diadakan. Berbagai macam pertanyaan dari para mahasiswa dijawab tuntas oleh Hancock

E. ACARA MALAM BUDAYA

Dalam mengahiri rangkaian penyambutan kepada Elder Emerson, Elder Hancock dan rombongan, Himpunan Mahasiswa Advent (HIMA) dibawah kooordinator Pdt. R. W. Sagala, sebagai Puket III diadakan pula acara malam budaya. Adapun materi malam budaya yanga dipimpin langsung oleh Pdt Sagala ini ialah merupakan tarian, nyanyian, instrument Batak, tortor dan Sigale-gale.

Acara pertama didahului oleh doa dan kemudian nyanyian National Batak Anthem yakni O, Tano Batak yang disampikan oleh Pdt. R. W. Sagala. Kemudian Tortor dari Daerah Batak Toba yang dibina oleh Ibu Lasmaria Doloksaribu br. Lumbantoruan dibawakan oleh para mahasiswa/i PTASN. Kemudian sebuah tarian dari Daerah Batak Karo yang dibina oleh Bapak Adat Muli Perangin-angin juga dibawakan oleh para penari lainnya dari siswa/mahasiswa SLA/PTASN.

Tortor Batak Toba

Ibu Ida Strickland Tobing dari Medan dan Pdt. R. W. Sagala sedang membawakan lagu YOU RISE ME UP

Tari Karo
Pdt. R. L. Hancock saat menyanyikan lagu Aek Sarulla

Nyanyian-nyanyian daerah terus dikumnandangkan oleh para mahasiswa, tidak kalah duet Pdt. R. W. Sagala dan Ibu Ida Tobing Stricland dari Medan yang membawakan lagu "YOU RISE ME UP" juga membahana di GOR SLA/PTASN. Permainan alat musik Hasapi dari Bapak Sijabat dan Suling yang dibawakan oleh Ariston Limbong, serta group uning-uinngan juga turut memukau.

Di tengah-tengah acara elder Hancok juga didaulat untuk menyampaikan sebuah nyanyian. Tapi secara mengejutkan Hancok siap membawakan dua buah nyanyian lengkap dengan petikan guitarnya, pertama dia menyanyikan sebuah nyanyian Cow Boy. Nyanyian kedua katanya, this song is very near into my heart, kemudian secara mengejutkan dia menyanyikan Aek Sarulla Tu Dia Ho Laho..... yang kemudian serta merta disamput dengan riuh oleh para siswa/mahasiswa, staf guru dan dosen yang hadir. Seingat penulis inilah kali kedua Hancock menyenyikan nyanyian ini di kampus SLA/PTASN, yang pertama sekali tahun 1978 atau 1979 saat penulis masih duduk di bangku kelas I SMA. Acara malam budaya juga diisi oleh mahasiswa yang mengakku dirinya sebagai aktor Bollywod lengkap dengan tarian Indianya. Acara kemudian diakhiri dengan tarian Sigale-gale setelah sebelumnya background sigale-gale ini diceritakan oleh ibu Mery Panjaitan. Acara kemudian diakhiri dengan doa oleh Elder Emerson.

Ibu T. Malau, Mr/Mrs R. L. Hancock, Bapak A. Tarihoran sedang asyik menyaksikan acara malam budaya

Ibu D. J. Sagala, sedang asyik dengan keyboardnya untuk mengiringi nyanyian

1 comment: