Wednesday, March 4, 2009

PERGAULAN YANG BURUK


Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik. 1 Korintus 15:33

Menurut Anda, seberapa kuatkan Anda itu? Percayakan Anda bahwa Anda dapat melawan pencobaan? Menurut Anda, dapatkah Anda menentang bergai pandangan serta sikap mereka yang tidak mengasihi atau mengikut Allah seperti Anda? Jika Anda pikir dapat, Alkitab ingin memberikan peringatan kepada Anda. Rasul Paulus mengklaim bahwa Anda pasti akan terpengaruh oleh orang-orang yang biasa bergaul dengan Anda. Jika Anda bergaul dengan orang-orang bijak, Anda akan menjadi bijak (Amsal 13:2). Jika Anda bergaul dengan orang-orang bodoh, Anda akan terpengaruh oleh mereka. Lumayan sederhana, bukan?

Namun apakah ini berarti Anda tidak boleh bergaul dengan mereka yang tidak seiman? Tentu tidak. Artinya, Anda harus mempertahankan kesadaran tinggi bahwa seseorang akan mempengaruhi orang lainnya. Terkadang kita berdebat bahwa kita bergaul agar dapat memberikan pengaruh Kristiani kepada seseorang yang nilai-nilainya berbeda dengan kita. Mungkin demikian. Namun, sungguh penting untuk tidak pernah melupakan bahwa pengaruh itu timbal balik sifatnya. Terkadang kita bisa dipengaruhi orang lain jauh lebih dari kita mempengaruhinya.

Adalah penting bahwa Anda menyerahkan setiap hubungan Anda kepada Allah dan meminta bimbingan-Nya. Bersiaplah untuk mundur dari pergaulan yang buruk sesuai bimbingan-Nya, agar karakter Anda sendiri tidak terpengaruh. Di saat yang sama, carilah teman-teman sepergaulan yang akan memberikan dorongan kepada Anda untuk menjadi lebih serupa dengan Kristus.

Regards

Laut Sinaga

No comments:

Post a Comment