Sunday, March 1, 2009

WISUDA PURNA BHAKTI DRS. J. H. SIREGAR, SPd

Minggu, 01 Maret 2009, seluruh keluarga guru, dosen dan staf SLA/PTASN, Pematangsiantar berkumpul bersama di Ruangan Conference Room untuk mengikuti acara Pelepasan salah seorang pengerja di institusi SLA/PTASN yang akan memasuki masa pensiun (purna bhakti).

Acara Purna Bhakti ini telah dipandu dengan baik oleh Bapak Drs. N. Limbong, MBA, Puket I Bidang Akademis PTASN. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu pembukaan dari LS No. 170 yang dilanjutkan dengan doa pembuka oleh Pdt. D. E. Sinaga, MMin, Kepala Perpustakaan SLA/PTASN.

Mengawali siraman rohani pada acara tersebut, ketua PTASN Bapak J. Malau, MBA mengutip perkataan Salomo, orang yang paling bijaksana yang pernah hidup di dunia ini yang diangkat dari Pengkhotbah 3:1,11 " Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apa pun di bawah langit ada waktunya... Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya..."

Dalam wejangannya Malau menekankan beberapa hasil riset mengenai negara yang paling nyaman, orang yang paling menderita, negara yang paling damai, dll yang pada intinya menekankan bahwa di manapun kita berada dan bagaimanapun lingkungannya, suasana hatilah yang menentukan. Walaupun bekerja di lembaga seperti SLA/PTASN, kalau suasana hati kita baik dan kita dapat melakukan pekerjaan kita dengan optimal dan maksimal maka kita akan merasa senang, dan ini telah ditunjukkan oleh Bapak J. H. Siregar sehingga dia sudah menuntaskan pekerjaannya untuk waktu 40 tahun lebih, Malau berkata bahwa saat ini Bapak Drs. J. H. Siregar, SPd dapat berkata sama seperti Paulus: "Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman" (II Timotius 4:7) .

Pada akhir pembicaraannya Malau mengutip Bilangan 6:24 "TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau; TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia; TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera."

Setelah renungan, acara diteruskan dengan menyanyikan LS No 167 "Kerjalah, kerjalah," yang kemudian diteruskan dengan doa penyerahan yang disampaikan oleh Bapak Pdt. DR. R. W. Sagala, Puket III Bidang Kemahasiswaan, PTASN, Pematangsiantar.

Pada bagian ketiga acara purna bhakti ini, keluarga guru, dosen dan staf melanjutkan dengan acara makan bersama yang didahului oleh Bapak Drs. J. H. Siregar dan Ibu yang saat itu tampil dengan pakaian istimewa yakni jas dan kebaya berbeda dengan penampilan staf, guru dan dosen lainnya. Makanan telah disiapkan dan disajikan sedemikian istimewanya dilengkapi dengan "Nasi Tumpeng," dibawah koordinir Ibu T. Malau dan Ibu J. A. Manafe, PhD.

Setelah acara makan bersama usai, Drs. N. Limbong, MBA kemudian melanjutkan pembacaan Riwayat Hidup dan karir Bapak J. H. Siregar. Menurut data yang kami dapatkan, berikut adalah merupakan Biodata dan Riwayat Pekerjaan hamba Tuhan ini:

Lahir di Sumbul Berampu, Dairi (yang jaraknya sekitar 7 Km dari kota Sidikalang, arah Parongil). Bapak yang nama lengkapnya Jahombar Haposan Siregar ini dilahirkan dari pasangan H. Siregar (ayah) dan L. br Sihombing (Ibu). Bapak J. H. Siregar adalah merupakan anak ketiga dari 6 bersaudara (4 laki-laki dan 2 perempuan). Siregar dilahirkan pada 29 September 1947 (61 tahun 5 bulan yang lalu).

Karir dan pekerjaannya dimulai dari guru Sekolah Gereja di SD Advent Parsaoran, Sumbul - Sidikalang dan saat itulah dia berkenalan dengan seorang wanita yang kini telah menjadi istrinya yakni ibu E. Siregar, br. Sagala. Pernikahan mereka telah dilangsungkan pada tanggal 26 Maret 1969.

Setelah mengajar di SD Advent Parsaoran, Sumbul hingga tahun 1973, Siregar kemudian pindah ke SD Advent Jln. Simbolon No. 6 Pematangsiantar. Dia bekerja di sana dari tahun 1974-1979. Kemudian pada tahun 1979 Siregar dipindah tugaskan ke SMP/SMA Advent Pematangsiantar yang lebih dikenal dengan nama SLA Martoba, Pematangsiantar sebagai guru Bahasa Indonesia, kemudian diserahi tugas sebagai kepada Asrama Putra untuk SMP/SMA dan Mahasiswa SLA/PTASN dari sejak 1983 - 1997 (14 tahun) dan merupakan pemegang rekor sebagai Kepala Asrama terlama di SLA/PTASN sejak sekolah ini didirikan pada tahun 1949 lalu bahkan hingga saat ini.

Dari komitmen dan dedikasi yang beliau tunjukkan ke institusi SLA/PTASN, maka Board of Management SLA/PTASN mempercayakan beberapa pekerjaan kepada Siregar, antara lain:

1. Ka SMP Advent, Pematangsiantar 1993, merangkap sebagai PKS Bidang Akademis untuk SMA Advent, Pematangsiantar.
2. Tahun 1998 - 2000, sebagai Ka SMP/SMA Advent, Pematangsiantar.
3. Tahun 1993 s/d Januari 2009 menjabat sebagai KA SMP Advent Pematangsiantar
4. Januari 2007 s/d Januari 2009 menjabat sebagai Kepala SMA Advent Pematangsiantar

Anak-anak:
1. Johnson Siregar
2. Omri Siregar
3. Wendy Siregar
4. Benyamin Siregar

Semua anak-anak Bapak dan ibu Siregar diatas sudah menikah dan mereka telah memberikan 5 orang cucu kepada Bapak dan Ibu Siregar

Pendidikan:
SD
SMP Advent Pematangsiantar
SMP Advent Pematangsiantar
Perguruan Tinggi: Universitas Simalungun (USI), Pematangsiantar

Saat ini Siregar telah memperoleh gelar yang sangat dibanggakan oleh setiap lelaki Batak, yakni gelar Op Samuel Siregar Doli.

Acara selanjutanya adalah merupakan kata-kata sambutan dan kenangan. Untuk mewakili guru SMP dan SMA disampaikan oleh Bapak David Soputra, MSc sementara untuk mewakili dosen disampaikan oleh Ibu R. Perangin-angin, MBA dan mewakili pensiunan disampaikan oleh Bapak Pdt Drs. H. Purba, MCA. Masing-masing mereka menyampaikan bagaimana Bapak Siregar telah melakukan yang terbaik saat masih bekerja aktif, hal itu dibuktikan dengan dedikasinya sebagai kepala asrama terlama (14 tahun), Purba mengatakan bahwa Siregar yang juga bekas muridnya di SMA dulu telah bekerja dengan sekuat tenaga saat masih aktif dan dia berkata selamat datang dalam dunia pensiunan suatu dunia yang sangat menyenangkan. Pada kesempatan yang lain Bapak David Soputra mengatakan bahwa dia telah memperoleh pelajaran yang sangat berharga saat bekerja sama dengan Bapak Siregar, ada banyak bangunan di SLA Martoba yang berdiri atas usaha Bapak Siregar mengadakan pendekatan kepada pemerintah. Lain lagi Ibu Perangin-angin, sebagai orang yang paling lama bekerja di SLA/PTASN berkata mungkin dia dipilih berbicara untuk mewakili dosen mungkin oleh karena dia akan segera menyusul Bapak Siregar untuk memasuki masa pensiunan. Ibu Perangain menyaksikan bahwa dia adalah merupakan tetangga terlama Bapak Siregar dari sejak dulu dan sudah saling kenal satu sama lain. Sebagai tetangga katanya, mohon jika ada kesalahan satu sama lain dapat dilupakan.

Setelah kata-kata Sambutan, maka acara dilanjutakan dengan penyerahan SK Pensiunan yang disampaikan oleh Bapak J. Malau dan kemudian dengan penyerahan kenang-kenangan dari sekolah yang disampaikan oleh Bapak P. Pakpahan, Bendahara SLA/PTASN

Acara dilanjutkan dengan respons dan sambutan yang disampaikan langsung oleh Bapak Drs. J. H. Siregar yang dalam sambutannya beliau menyatakan terimakasih banyak kepada Tuhan atas berkatNya selama dia melayani pekerjaan Tuhan. Siregar juga berkata bahwa apa yang telah dia capai selama ini bukanlah merupakan pekerjaannya sendiri atau kehebatannya tetapi adalah oleh karena kerja sama staf, guru dan dosen. Selamat Memasuki masa pensiunan pak Siregar. GBU.

Ibu R. Surbakti yang merupakan tetangga kel. Bapak Drs. J. H. Siregar, SPd sedang menyampaikan kata-kata sambutan mewakili dosen
Guru-guru SMP/SMA Advent Martoba, saat menyampaikan lagu "Hymne Guru" dalam acara Purna Bhakti Bapak J. H. Siregar
Bapak David Soputra, MSc saat memberikan kata-kata sambutan mewakili guru-guru SMP/SMA
Sebagian dari Staf, guru dan dosen beserta keluarga yang sedang mengikuti acara Purna Bhakti Bapak Drs. J. H. Siregar
Bapak Pdt. DR. R. W. Sagala, Puket III SLA/PTASN yang juga mantan murid Bapak Drs. J. H. Siregar berphoto bersama di sela-sela acara Purna Bhakti Bapak Siregar
Bapak P.akpahan, Bendahara SLA/PTASN saat memberikan kenang-kenangan dari Sekolah
Bapak Pdt. Drs. H. Purba, MCA saat memberikan sambutan mewakili pensiunan


No comments:

Post a Comment