Tuesday, March 3, 2009

PENCOBAAN BIASA

Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya. 1 Korintus 10:13

Anda pasti akan dicobai. Tak mungkin menghindar darinya. Anda boleh saja pergi ke gereja secara teratur, membaca Alkitab Anda dengan setia, dan berdoa dengan rajin, namun Anda tetap akan dicobai oleh dosa. Pertanyaanny adalah: ketika pencobaan datang, apakah Anda siap?

Pencobaan sering membuat orang terperanjat, padahal seharusnya tidak demikian. Mereka menemukan dirinya dalam situasi-situasi yang pleik, dan mereka tidak tahu harus berbuat apa. Tahu-tahu mereka takluk kepada dosa. Mungkin saja mereka akan berusaha mencari alasan terhadap perbuatan-perbuatannya, dengan alasan bahwa mereka tidak siap. Mungkin saja mereka mengklaim bahwa mereka ditaklukkan oleh dosa yang memang tidak kuasa mereka tolak. Itu adalah omong kosong.

Alkitab mengatakan bahwa kita tidak akan pernah menghadapi pencobaan yang tidak kuasa kita tolak. Apapun itu, Allah akan memberikan jalan keluar tanpa berbuat dosa. Persoalannya adalah bahwa kita sendirilah yang tidak mau menolak dosa-dosa tertentu. Kita abaikan tanda-tanda peringatannya dan melewatkan jalan keluar yang disediakan Allah. Lalu kita temukan diri kita dalam cengkraman pencobaan dan berseru pada menit terakhir, "Ya Allah, selamatkanlah aku!" Namun terlambat sudah. Alangkah jauh lebih bijaksananya untuk mendengarkan Allah ketika pertama kali Ia memperingatkan kita akan bahayanya!

Jangan pernah menganggap remah pencobaan. Dengarkanlah peringatan-peringatan teman-teman Anda, Keluarga Anda, atau pendeta Anda. Ambillah rute yang diberikan Alah untuk melepaskan diri. Janganlah bergegas ke dalam dosa, berasumsi bahwa Anda terlalu lemah untuk menolaknya. Anda dapat menjalani hidup yang penuh dengan kemenangan jika mau mendengarkan Dia dapat memberi Anda kemenangan.



Regards



Laut Sinaga

No comments:

Post a Comment